|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Danone Gelar Digital Academy 2021 Dukung Digital Ciptakan Kepedulian Terhadap kesehatan dan Lingkungan

 

Danone Indonesia bekerjasama dengan KG Media kembali hadir dalam program Danone Digital Academy (DDA) 2021 yang mengusung tema "Langkahku Wujudkan Lingkungan dan  Hidup yang Lebih Sehat". Acara ini berlangsung pada 18-27 Oktober 2021 secara daring. Program ini merupakan program edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman seputar isu kesehatan dan lingkungan di dunia digital. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/10/2021.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta - Danone Indonesia bekerjasama dengan KG Media kembali hadir dalam program Danone Digital Academy (DDA) 2021 yang mengusung tema "Langkahku Wujudkan Lingkungan dan  Hidup yang Lebih Sehat". Acara ini berlangsung pada 18-27 Oktober 2021 secara daring. Program ini merupakan program edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman seputar isu kesehatan dan lingkungan di dunia digital. 50 Peserta yang dipilih dari 1000 pendaftar diajak untuk menjadi content creator yang memiliki kemampuan inisiator, kreator, dan katalisator di lingkungan atau masyarakat sekitar. Tahun ini merupakan Ini merupakan tahun ke-5 Danone Digital Academy terselenggara yang diawali sejak tahun 2017 dan sudah memiliki alumni sebanyak 4 angkatan yang di dalamnya terdapat content creator (Bloggers & Vloggers).


Tema kesehatan dan lingkungan yang diusung dilatar belakangi akan konteks bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan antara makhluk hidup & non-hidup meliputi berbagai unsur lingkungan serta manfaatnya, termasuk interaksi seluruh spesies dan sumber daya alam. Lingkungan memberikan kontribusi terbesar terhadap timbulnya masalah kesehatan masyarakat. Selain lingkungan, pentingnya akan nutrisi di setiap langkah kehidupan manusia untuk masa depan yang lebih baik. Disisi lain, saat ini Indonesia masih dihadapi dengan permasalahan akan isu lingkungan maupun kesehatan dan nutrisi. Contoh terdekat ialah pada isu permasalahan sampah plastik dimana Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik kelaut terbesar kedua di dunia, hingga permasalahan stunting dan malnutrisi yang masih dialami oleh anak di Indonesia.


Disisi lain, di era digitalisasi saat ini, memungkinkan perkembangan informasi secara cepat. Hal ini membuka peluang bagi kita sebagai masyarakat untuk belajar termasuk memahami akan isu kesehatan dan lingkungan contohnya melalui kanal blog, video hingga media sosial yang semakin banyak digunakan sebagai platform yang berfokus pada kesehatan khususnya di era pandemi ini. Arif Mujahidin – Corporate Communications Director Danone Indonesia menjelaskan “Sejalan dengan visi Danone yaitu One Planet One Health, Danone Indonesia berkomitmen untuk membawa kesehatan kesebanyak mungkin orang melalui produk maupun inisiatifnya termasuk dalam hal edukasi masyarakat seputar isu kesehatan dan lingkungan. Untuk itu, Danone Indonesia meluncurkan program Danone Digital Academy untuk mengajak masyarakat menjadi penggerak dalam mengedukasi sesama akan isu kesehatan dan lingkungan.‘’


Danone Digital Academy 2021 menghadirkan modul pembelajaran yang bersifat soft skill yakni peningkatan kemampuan peserta akan pembuatan konten di digital, hingga modul yang bersifat hard skill yakni peningkatan pengetahuan peserta akan isu kesehatan dan lingkungan. Sosok pemateri yang kompeten dan inspiratif di bidangnya diantaranya adalah DR, Vivi Yulaswati, MSc selaku Kepala Sekretariat Nasional TPB/SDGs Bappenas yang membahas mengenai  “Interconnection Health Of People & Planet”, Fellexandro Rubby selaku Penulis Buku & Content Creator yang membahas mengenai “Finding an Attractiveness Themes for Your Content!”, Karyanto Wibowo selaku tim Sustainable Development Danone Indonesia yang membahas mengenai “One Circular Planet: How Business Can Contribute to Create Better Planet”, dr. Tria Rosemiarti selaku Nutrition & Science Director Danone AQUA yang membahas mengenai “Healthy Hydration”, Marchella FP selaku Penulis Buku membahas mengenai “Releasing Your Unlimited Creativity Through Engaging Content”, Raditya Dika selaku Penulis & Content Creator membahas mengenai “Shooting Simple Video on Your Phone”, dr. Endah Citraresmi selaku Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi dan Imunologi membahas mengenai “Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan dan Alergi pada Anak”, hingga Johannes Heru Margianto selaku Managing Editor Kompas.com membahas mengenai “Winning in Search and Get the Page One on Google and Youtube”.


Nurullah selaku COO Kompasiana menjelaskan “Selama program, peserta Danone Digital Academy 2021 juga dibimbing dan didampingi oleh mentor-mentor yang kompeten. Selain itu, konsep diskusi yang dipadukan dengan games interaktif membuat suasana semakin menyenangkan termasuk saat pengerjaan tugas harian yang terlihat jelas kekompakan antarpeserta. Apa yang dilakukan Danone Indonesia bersama Kompasiana melalui program ini dengan melibatkan para kreator konten tidak hanya dapat membangun sebuah komunitas baru yang bisa bersinergi demi tercapainya hasil yang baik bagi lingkungan sekitar, tetapi juga ikut meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia terhadap isu kesehatan dan lingkungan.”


Dalam proses akhir rangkaian Danone Digital Academy, terdapat 2 kategori pemenang yang dipilih untuk menjadi juara 1, 2, dan 3 serta juara favorit yang dipilih berdasarkan karya akhir yang dinilai secara ketat oleh dewan juri yakni para pakar dibidangnya. Adapun daftar pemenang diantaranya:


A.      Kategori Blogger


Juara 1: Farida Danasworo Putri – Ibu Hamil Sering Kram? Yuk Cek Asupan Minumnya!


Juara 2: Teguh Nugroho – Sedotan Plastik, Sampah Kecil yang Membunuh Bumi


Juara 3: Kurnia Amelia Subarkah – Budidaya Manggot Solusi Masalah Sampah Organik dan Meningkatkan Finansial


Pemenang Favorit: Denny Huang – Gambut untuk Kebaikan Bumi


B.      Kategori Vlogger


Juara 1: Muhammad Bagas Alvi – Apakah Stunting Dapat Diatasi dan Diperbaiki?


Juara 2: Muhammad Rafif Wafi – Sampah Belanja Online


Juara 3: Hendy Prabowo Utomo – Bijak Berplastik Lewat Sekolah Sayang Sampah


Pemenang Favorit: Danan Wahyu Sumirat – Menebar Energi Baik di Hutan Mangrove


 

“Melalui program ini, Danone Indonesia berharap dapat menciptakan digital creator yang dapat membuat konten-konten positif yang sesusi dengan tren saat ini dan juga meningkatkan kesadaran bahwa Kesehatan masyarakat berkaitan erat dengan Kesehatan planet.” Tutup Arif.

©Sonny/Tajuknews.com/tjk/10/2021.

Komentar

Berita Terkini